Abstract:
Berkembangnya teknologi yang semakin pesat di era modern ini menyebabkan
pergeseran perilaku manusia terutama dalam hal berbelanja. Setiap kegiatan
bisnis membutuhkan teknologi informasi, teknologi informasi komunikasi dalam
menggunakannya harus di dukung dengan jaringan internet yang kuat, agar
perangkat teknologi informasi dapat berfungsi. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui dan menganalisis Pengaruh Customer Review Dan Reputasi Penjual
Terhadap Kepercayaan Konsumen Pada Platform Online Shopee Di Kota Medan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan
asosiatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini
teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini menggunakan kuisioner/angket. Teknik analisis data dalam
penelitian ini menggunakan Regresi Linier Berganda, Uji Asumsi Klasik, Uji
Hipotesis (Uji-t dan Uji-f) dan Koefisien Determinasi. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa secara parsial diketahui Customer Review berpengaruh
terhadap kepercayaan konsumen pada platform online shopee di Kota Medan,
secara parsial diketahui reputasi penjual berpengaruh terhadap kepercayaan
konsumen pada platform online shopee di Kota Medan, secara simultan diketahui
customer review dan reputasi penjual berpengaruh terhadap kepercayaan
konsumen pada platform online shopee di Kota Medan. Dengan nilai adjusted R
square 0,690 dapat disebut koefisien determinasi, hal ini berarti 0,690 (69%)
kepercayaan konsumen dapat diperoleh dan di jelaskan oleh customer review dan
reputasi penjual sedangkan sisanya sebesar 31% dijelaskan oleh variabel diluar
model yang tidak diteliti