Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kepala sekoalah dalam
melaksanakan transparansi manajemen di SMA Negeri 3 Tebing Tinggi,
untuk mengetahui startegi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu
pembelajaran di SMA Negeri 3 Tebing Tinggi dan untuk mengetahui strategi
Kepala sekolah dalam meningkatkan peran komite sekolah di SMA Negeri 3
Tebing Tinggi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang secara spesifik
lebih diarahkan pada penggunaan metode studi kasus. Menururt Lincoln dan
Guba(Mulyana, 2017:201) yang menyebutkan bahwa pendekatan kualitatif
dapat juga disebut dengan case study ataupun qualitative, yaitu penelitian
yang mendalam dan mendetail tentang segala sesuatu yang berhubungan
dengan subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa salah satu
peran kepala sekolah dalam pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah SMA
Negeri 3 Tebing Tinggi yaitu kepala sekolah berperan sebagai administrator
dimana dalam melakukan administrasi pengelolaan sekolah secara transparan.
Melalui rapat, hasil administrasi dipaparkan dan menerima masukan dari
warga sekolah. Dalam rekrutmen tenaga kependidikan disampaikan lewat
musyawarah bersama warga sekolah dan masyarakat dalam hal ini komite
sekolah. Manajemen kesiswaan, dalam penerimaan siswa baru telah
memasangspanduk dan memberi pengumuman. Manajemen keuangan dan
pembiayaan dibuat melalui RAPBS oleh pihak sekolah bersama komite
sekolah. Dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMA Negeri 3 Tebing
Tinggikepala sekolah menganggarkan dalam RKAS terkait dengan
memenuhibuku yang relevan, alat peraga, dan media pembelajaran kemudiian
mengundang paguyuban wali murid dan komite untuk musyawarah dalam
memajukan sekolah.