Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Rendahnya hasil belajar disebabkan oleh
beberapa hal, salah satunya guru sebagai pendidik kurang kreatif dalam
memvariasikan model pembelajaran dan kurang memanfaatkan media
pembelajaran sehingga kecenderungan siswa menjadi pasif, malas, dan tidak
fokus terhadap materi yang disampaikan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui keterampilan menulis sebelum menggunakan metode
information serach siswa kelas IV SD Negeri 054914 Kota Lama. Untuk
mengetahui keterampilan menulis sesudah menggunakan metode information
serach siswa kelas IV SD Negeri 054914 Kota Lama, untuk mengetahui
pengaruh metode information serach terhadap keterampilan menulis siswa kelas
IV SD Negeri 054914 Kota Lama. Berdasarkan hasil penelitian yang telah
dilakukan oleh peneliti mengenai Pengaruh Metode Information Search Terhadap
Keterampilan Menulis pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD Negeri
054914 Kota Lama Tahun Ajaran 2022/2023. Maka sebagai akhir dari penelitian
menarik kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut yaitu Keterampilan menulis
siswa sebelum menggunakan Metode Infromation Search sangat rendah dimana
hanya 6 orang siswa yang memenuhi nilai KKM sedangan yang belum memenuhi
nilai KKM sebanyak 24 orang. Berdasarkan Lembar Tes Kinerja Keterampilan
Menulis dapat diketahui bahwa dari 30 siswa yang dijadikan sampel penelitian
pada Keterampilan menulis teks narasi pada kelas IV memperoleh nilai rata-rata
84,6. Keterampilan menulis siswa sesudah menggunakan Metode Infromation
Search sangat tinggi dimana hanya 1 orang siswa yang tidak memenuhi nilai
KKM sedangan yang memenuhi nilai KKM sebanyak 29 orang. Terdapat
pengaruh Metode Information Search terhadap Keterampilan menulis Siswa
Kelas IV SD Negeri 054914 Kota Lama Tahun Ajaran 2022/2023.