Abstract:
Penggunaan Model pembelajaran yang digunakan adalah Model pembelajaran
Mind Mapping. Penelitian ini bertujuan untuk : (1 ) Mengetahui hasil belaja siswa
yang menggunakan Model Pembelajaran Mind Mapping dengan terhadap Hasil
Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI SMK Tritech Informatika
Tahun Ajaran 2022/2023. (2) Mengetahui pengaruh Model pembelajaran Mind
Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI
SMK Tritech Informatika Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah
eksperimen dengan sampel dan populasi seluruh siswa kelas XI SMK Tritech
Informatika dengan Teknik pengambilan sampel adalah total sampling dengan
menggunakan model pembelajaran Mind Mapping. Instrumen yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar dalam bentuk essay test dengan 3 soal
yang telah dinyatakan valid dan reliable. Dari pengujian hipotesis diperoleh harga
thitung > ttabel, 4.624 > 0,281 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga ada
pengaruh yang signifikan Mind Mapping dengan terhadap hasil belajar akuntansi
siswa kelas XI di SMK Tritech Informatika T.A 2022/2023.