Abstract:
Kepemimpinan kepala sekolah dalam pemberdayaaan guru pada SMA N 2
Siabu adalah penerapan fungsi-fungsi kepemimpinan dalam pemberdayaan guru,
dalam rangka meningkatkan mutu dan profesionalisme guru di SMA N 2 Siabu.
Di antara fungsi-fugsi kepemimpinan dalam pemberdayaan guru adalah
merencanakan pemberdayaan guru, mengorganisir pemberdayaan guru,
melaksanakan pemberdayaan guru dan mengontrol/mengevaluasi pemberdayaan
guru. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “bagaimanakah
kepemimpinan kepala sekolah dalam pemberdayaan guru diSMA N 2 Siabu
Kabupaten mandailing Natal.”Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk
mengungkapkan atau mendapatkan gambaran tentang kepemimpinan kepala
sekolah dalam pemberdayaan guru diSMA N 2 Siabu, sedangkan secara khusus
penelitian ini mempunyai tujuan untuk: 1) Mengetahui Model Kepemimpinan
kepala sekolah dalam merencanakan Pemberdayaan Guru pada SMA N 2 Siabu
Mandailing. 2)Mengatahui Bagaimana Kepemimpinan kepala sekolah dalam
Pengorganisasian Pemberdayaan Guru pada SMA N 2 Siabu Mandailing. 3)
Mengetahui Kepemimpinan Kepala kepala sekolah dalam Pelaksanaan
Pemberdayaan Guru pada SMA N 2 Siabu Mandailing. 4) Mengetahui
Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam mengevaluasi Pemberdayaan Guru pada
SMA N 2 Siabu Mandailing Natal.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan
pendekatan naturalistik, dan penelitian ini menggunakan metode penelitian
kualitatif yaitu penelitian yang mengamati orang lain dalam lingkungan hidupnya,
berinteraksi, berusaha memahami bahasa dan tafsiran mereka tentang dunia
sekitarnya. Adapun hasil temuan penelitian ini adalah sebagai berikut: 1)
kepemimpinan kepala sekolah dalam perencanan pemberdayaan guru pada SMA
N 2 Siabu telah direncanakan oleh kepala sekolah, 2) kepemimpinan kepala
sekolah dalam pengorganisasian guru SMA N 2 Siabu telah diorganisir oleh
kepala sekolah, 3) kepemimpinan kepala sekolah dalam pelaksanaan
pemberdayaan guru pada SMA N 2 Siabu telah dilaksanakan di SMA N 2 Siabu,
4) kepemimpinan kepala sekolah dalam pengevaluasian guru pada SMA N 2
Siabu telah dievaluasi oleh kepala sekolah. Dengan kata lain, penelitian ini
menemukan bahwa kepemimpinan kepala sekolah dalam pemberdayaan guru
pada SMA N 2 Siabu sudah dilaksanakan dengan menggunakan Prinsip
kepemimpinan yaitu Demokrasi.