Abstract:
Fenomena tentang rendahnya kinerja guru disekolah SMK Siti Banun
Rantauprapat berdasarkan pengamatan peneliti. Kinerja guru dalam mengajar saat ini
merasa kurang semangat dalam mengajar karena suatu hal yang tidak sesuai dengan
harapan para guru yang menyangkut fasilitas yang terima tidak sesuai dengan
harapan. Hal tersebut ditandai oleh menurunnya hasil kinerja yang dicapai oleh guru
khususnya dalam melaksanakan proses belajar mengajar di SMK Siti Banun
Rantauprapat pekerjaan yang belum sesuai dengan standar operasional yang
ditetapkan oleh pihak SMK Siti Banun Rantau Parapat yaitu lambatnya kinerja guru
pada SMK Siti Banun Rantau Parapat dalam menjalankan tugasnya sebagai tenaga
pengajar, hal ini karena kurangnya perhatian dan monitoring terhadap para guru.
Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kinerja guru di SMK Siti Banun
Rantau Parapat diantaranya gaya kepemimpinan, motivasi serta fasilitas untuk
mendukung kinerja guru.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan
asosiatif, pendekatan asosiatif adalah pendekatan dimana untuk mengetahui bahwa
adanya hubungan atau pengaruh diantara kedua variabel (variabel bebas dan variabel
terikat). Dalam penelitian ini variabel bebas X1 yaitu Gaya Kepemimpinan
Trasnformasional, X2 yaitu Motivasi Kerja, X3 yaitu Fasilitas Sekolah dan variabel
terikat Y yaitu Kinerja Guru. Teknik analisis data dimulai dari pengumpulan
informasi melalui angket dalam bentuk pernyataan dan pada tahap akhir dengan
menarik kesimpulan.
Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa gaya
kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja
guru di SMK Siti Banun Rantauprapat. Selain itu motivasi juga berpengaruh positif
dan signifikan terhadap kinerja guru di SMK Siti Banun Rantauprapat. Dari hasil
penelitian selanjutnya ditemukan bahwa fasilitas sekolah berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kinerja guru di SMK Siti Banun Rantauprapat. Setelah itu
dilakukan pengujian secara simultan dan didapat bahwa gaya kepemimpinan
transformasional, motivasi dan fasilitas sekolah berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kinerja guru di SMK Siti Banun Rantauprapat.