Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh efikasi
diri terhadap kinerja guru, pengaruh transparansi terhadap kinerja guru, pengaruh
efikasi diri terhadap motivasi kerja, pengaruh transparansi terhadap motivasi kerja,
pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru, pengaruh efikasi diri terhadap
kinerja guru melalui motivasi kerja, dan pengaruh transparansi terhadap kinerja
guru melalui motivasi kerja. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian
asosiatif dengan sampel sebanyak 45 responden yang merupakan guru pada SD
Negeri di Kecamatan Huta Raja Tinggi. Teknik pengumpulan data menggunakan
wawancara dan daftar pernyataan seperti kuesioner serta teknik analisis data
menggunakan Partial Least Square (SmartPls) untuk menguji tujuh hipotesis yang
diajukan dalam penelitian ini. Hasil penelitan menunjukan bahwa efikasi diri
berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru, transparansi tidak berpengaruh
terhadap kinerja guru, efikasi diri berpengaruh signifikan terhadap motivasi kerja,
transparansi berpengaruh signifikan terhadap motivasi kerja, motivasi kerja
berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru, efikasi diri berpengaruh signifikan
terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja (dengan kata lain motivasi kerja
berperan sebagai mediator), transparansi tidak berpengaruh terhadap kinerja guru
melalui motivasi kerja (dengan kata lain motivasi kerja tidak berperan sebagai
mediator)