Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh inovasi
produk dan marketing tools terhadap keunggulan bersaing produk fashion pada
Toko Lapak Sepatu Medan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian
kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah para konsumen Toko Lapak
Sepatu Medan dan sampel yang digunakan sebanyak 80 sampel dengan
menggunankan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu kuisioner dan dokumentasi. Hasil uji T secara parsial
menunjukkan bahwa inovasi produk terhadap variabel Keunggulan Bersaing
adalah sebesar 0,002 < 0,05 dan thitung 2,551 > 1,66 artinya Inovasi Produk
berpengaruh signifikan terhadap variabel Keunggulan Bersaing dan nilai
signifikan untuk pengaruh Marketing Tools terhadap Variabel Keunggulan
Bersaing adalah sebesar 0,000 < 0,05 dan thitung 3,925 > 1,66 sehingga dapat
disimpulkan bahwa variabel Marketing Tools memiliki pengaruh secara signifikan
terhadap Keunggulan Bersaing. Hasil Uji F (uji simultan) dapat diperoleh bahwa
Fhitung > Ftabel yaitu sebesar 28,508 > 2,36 dan Sig 0,000 < 0,05. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa Inovasi Produk dan Marketing Tools secara simultan
berpengaruh signifikan terhadap Keunggulan Bersaing produk fashion pada Toko
Lapak Sepatu Medan. Hasil Rsquare atau koefisien determinasi diketahui yaitu
0,545. Hal ini berarti kemampuan variabel bebas dalam menjelaskan variabel
terikat adalah sebesar 54,5% sisanya 45,5% dijelaskan oleh variabel lain yang
tidak dibahas dalam penelitian ini.