Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepercayaan
masyarakat Desa Sei Rotan terhadap informasi dari akun Instagram Tauko
Tembung. Teori yang digunakan yaitu teori komunikasi massa, teori tingkat
kepercayaan dan teori informasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah pengumpulan kuesioner dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 24 dan
saya menggunakan Rumus Slovin yaitu dengan Simple Random Sampling dari
jumlah populasi 25.604 saya mendapatkan responden sebanyak 99 orang.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa dapat disimpulkan Tingkat Kepercayaan
Masyarakat Desa Sei Rotan berpengaruh secara signifikan terhadap Mencari
Informasi Di Instagram Tauko Tembung. Hal ini disebabkan oleh nilai t hitung
22.875 > t tabel 1.995. Berdasarkan uji Determinasi R2
0,918 atau 91,8% Mencari
Informasi di Instagram Tauko Tembung (Y) dipengaruhi oleh Analisis Tingkat
Kepercayaan Masyarakat Desa Sei Rotan (X). Sementara sisanya sebesar 8,2%
dipengaruhi boleh variabel yang tidak diteliti didalam penelitian ini. Maka peneliti
menarik kesimpulan dalam penelitian ini variabel Analisis Tingkat Kepercayaan
Masyarakat Desa Sei Rotan berpengaruh positif dan signifikan sebesar 0,918 atau
91,8% terhadap Mencari Informasi di Instagram Tauko Tembung.