Research Repository

PERTANGGUNGJAWABAN KONSUMEN ATAS KETERLAMBATAN PEMBAYARAN KREDIT DENGAN JAMINAN FIDUSIA DI PT. PEGADAIAN (Studi Putusan Nomor 0001/Pdt.G.S/2020/PA/Adl)

Show simple item record

dc.contributor.author FAUZAN, M.
dc.date.accessioned 2022-10-25T02:32:49Z
dc.date.available 2022-10-25T02:32:49Z
dc.date.issued 2022-10-25
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18938
dc.description.abstract Konsumen yang melakukan keterlambatan dalam pembayaran kredit adalah konsumen telah melakukan perbuatan cidera janji/ wanprestasi terhadap Akad Rahn Tasjily yang merugikan PT. Pegadaian dengan tidak memenuhi prestasi sehingga PT. Pegadaian megalami kerugian materiil dan konsumen tidak mau menyerahkan kendaraan yang dijaminkan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk wanprestasi yang dilakukan konsumen dalam perjanjian gadai dengan jaminan fidusia di PT. Pegadaian (Studi Putusan Nomor 0001/Pdt.G.S/2020/PA/Adl). Untuk mengetahui bentuk penyelesaian terhadap konsumen nasabah yang melakukan wanprestasi dalam perjanjian gadai dengan jaminan fidusia pada PT. Pegadaian (Studi Putusan Nomor 0001/Pdt.G.S/2020/PA/Adl). Untuk mengetahui pertanggungjawaban konsumen atas keterlambatan pembayaran kredit dengan jaminan fidusia di PT. Pegadaian (Studi Putusan Nomor 0001/Pdt.G.S/2020/PA/Adl). Penelitian ini menggunakan metode dengan jenis dan pendekatan yuridis normatif dengan sifat penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu data yang bersumber dari hukum Islam dan data sekunder dengan mengolah data dari bahan hukum primer, sekunder serta tersier. Alat pengumpul data yaitu melalui studi kepustakaan. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif; Berdasarkan hasil penelitian dipahami bahwa bentuk wanprestasi yang dilakukan konsumen dalam perjanjian gadai dengan PT. Pegadaian adalah konsumen tidak memenuhi pelunasan sesuai dengan waktu yang telah dijanjikan. Bentuk penyelesaian terhadap konsumen yang wanprestasi adalah melalui gugatan sederhana diPengadilan. Pertanggungjawaban konsumen atas keterlambatan pembayaran kredit dengan jaminan fidusia yaitu menjalankan Putusan Pengadilan Putusan Nomor 0001/Pdt.G.S/2020/PA/Adl yang berkekuatan hukum tetap. en_US
dc.subject Pertanggung jawaban en_US
dc.subject Konsumen en_US
dc.subject Kredit en_US
dc.subject Jaminan Fidusia en_US
dc.title PERTANGGUNGJAWABAN KONSUMEN ATAS KETERLAMBATAN PEMBAYARAN KREDIT DENGAN JAMINAN FIDUSIA DI PT. PEGADAIAN (Studi Putusan Nomor 0001/Pdt.G.S/2020/PA/Adl) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account