Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Seberapa besar Pengaruh
Pendekatan Pembelajaran Scientific Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas
XI SMA Negeri 2 Lawe Sigala-gala Kabupaten Aceh Tenggara Tahun Ajaran
2022/2023, (2) Apakah ada pengaruh yang signifikan antara Pendekatan
Pembelajaran Scientific dengan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI SMA
Negeri 2 Lawe Sigala-gala Kabupaten Aceh Tenggara Tahun Ajaran 2022/2023.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh
Pendekatan Pembelajaran Scientific Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas
XI SMA Negeri 2 Lawe Sigala-gala Kabupaten Aceh Tenggara.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif,
dengan menggunakan jenis penelitian regresi linear sederhana. Teknik dan alat
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan angket. Tes yang digunakan
sesuai dengan tujuan kurikulum yang dicapai. Jenis penelitian ini menggunakan
Untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan tes esai yang berjumlah 10
transaksi, serta angket yang berjumlah 15 item pernyataan. Sampel dalam penelitian
adalah siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 2 Lawe Sigala-gala Kabupaten Aceh
Tenggara Tahun Ajaran 2022/2023 yang berjumlah 30 orang.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, terdapat pengaruh yang
signifikan antara pendekatan pembelajaran scientific terhadap hasil belajar siswa
pada indikator pencatatan transaksi ke dalam jurnal umum pada perusahaan jasa.
Untuk hasil perhitungan Uji-t hal ini dibuktikan dari nilai t hitung lebih besar dari t
tabel (3,606 > 1,697) dan nilai signifikansi sebesar 0,001, yang berarti kurang dari
0,05 (0,001 < 0,05). Pengaruh Variabel X terhadap variabel Y masuk kategori
Cukup. Hal ini ditunjukkan dengan di peroleh angka Coefisien Determinasi sebesar
31,7% dan sisanya 68,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang dapat diteliti lebih
lanjut. Maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.