Abstract:
Penelitian ini Berlatar belakang program apa saja yang telah dilaksanakan para
pengusaha UMKM (Usaha, Mikro, Kecil, Dan Menengah) Kuliner di Jl. Bromo
Kecamatan Medan Area dalam beradaptasi pada masa Pandemi Covid-19.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Komunikasi
Pemasaran Para pelaku Usaha UMKM Kuliner di Jl. Bromo padda masa Pandemi
Covid-19. Jenis penelitian ini menggunakan metode Kualitatif dan Deskriptif.
Adapun Informan didalam penelitian ini berjumlah 4 orang, masing-masing
merupakan para pemilik Usaha UMKM Kuliner. Pengumpulan data dilakukan
dengan metode Observasi dan Wawancara. hasil penelitian ini menjunkan bahwa
Komunikasi Pemasaran UMKM Kuliner Di Jl.Bromo yakni dengan cara
melakukan penjualan Take Away (pembelian yang dibawa pulang), dan
melakukan penjualan dengan cara menerapkan Protokol Kesehatan yang
ditetapkan oleh Pemerintah di masa Pandemi, dan banyak juga dari para pelaku
usaha UMKM Kuliner yang menggunakan Komunikasi Media untuk menarik
pelanggan dengan penggunaan Spanduk Diskon/Potongan harga maupun dengan
menggunakan Aplikasi Pemesanan Makanan seperti Gofood dan Grabfood.
Adapun saran saya dalam penilitian ini ialah untuk para pemilik usaha lebih dapat
memanfaatkan teknologi seperti Aplikasi Pemesanan Makanan dan juga untuk
pemerintah agar lebih melonggarkan peraturan di masa Pandemi Covid-19.