Abstract:
Industri pariwisata memberikan dampak besar terhadap berbagai sektor
kehidupan masyarakat yang berpengaruh langsung terhadap pertumbuhan
ekonomi, penurunan angka pengangguran dan kemiskinan serta terbukanya
lapangan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi- strategi
komunikasi pemasaran yang digunakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh
dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Aceh beserta
penyebab turun naiknya kunjungan wisatawan mancanegara ke Aceh. Penelitian
ini menggunakan pendekatan keilmuan komunikasi pemasaran. Sedangkan teori
yang dipergunakan adalah teori komunikasi. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode penelitian deskriftif kualitatif,
dimana melalui metode ini peneliti berusaha menggambarkan secara jelas tentang
strategi komunikasi pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh dalam
upaya meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Aceh. Subjek
penelitian ini adalah Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, sedangkan yang
menjadi objek dalam penelitian ini adalah Bidang Pemasaran pada Dinas
Kebudayaan dan Pariwisata Aceh. Informan penelitian ini adalah Kepala Bidang
Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh. Hasil penelitian ini diketahui
bahwa Strategi komunikasi pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh
dalam upaya meningkatakan kunjungan wisatawan mancanegara ke Aceh
dilakukan dengan empat cara, masing-masing, Paid Media, Owned Media, Sosial
Media dan Endorse atau disingkat dengan POSE. Dengan menggunakan strategi
komunikasi pemasaran tersebut mulai terlihat adanya peningkatan kunjungan
wisatawan mencanegara ke Aceh dari tahun ke tahun.