Abstract:
Penelitian iini imemfokuskan itentang iAnalisis iManajemen iBerbasis
iSekolah i iDalam iPelaksanaan iMutu iPendidikan idi iMTs iNegeri i2 iMedan
iterkait iperencanaan, ipengorganisasian, ipengevaluasian iyang isesuai idengan
inilai imanajemen iberbasis isekolah iyang iotonomi, ifleksibilitas, ipartisipasi,
itransparansi idan iakuntabilitas.
Tujuan ipenelitian iini iadalah iuntuk imenganalisis iperencanaan,
ipengorganisasian, ipengevaluasian iManajemen iBerbasis iSekolah idalam
ipelaksanaan iMutu iPendidikan iDi iMTs iNegeri i2 iMedan. iPendekatan
ipenelitian iyang idilakukan i iadalah ipendekatan ikualitatif idengan ijenis
ipengumpulan idata imelalui iobservasi, iwawancara, idokumentasi idan
itriangulasi.
Hasil idari ipenelitian iini, iperencanaan imanajemen iberbasis isekolah
idalam ipeningkatan imutu ipendidikan iterlihat idengan idilakukannya
iindentifikasi iterlebih idahulu iuntuk imelihat ipotensi idan ikesiapan imadrasah
iserta iwarga imadrasah idalam ipenerapan iMBS iyang idifokuskan ipada
ipenanganan iaktivitas iatau ikegiatan iproses ipembelajaran idi ibidang
ipengajaran, iguru, ipembinaan ikesiswaan, ikeuangan idan ihubungan
imasyarakat.Pengorganisasi imanajemen iberbasis isekolah idalam ipelakasanaan
imutu ipendidikan imeliputi ipengkelompokan ikomponen iMBS, ipembentukan
istruktur iwewenang, imerumuskan idan imenetapkan imetode iprosedur idan
ipenyedia ifasilitas iMBS iberdasarkan iperencanaan iyang isudah idisepakati
idengan imemakai iprinsip iberkeadilan, idengan imaksud ipembagian itugas
idilakukan iberdasarkan ikapasitas idan iprofesionalitas ipersonil. iPengevaluasian
iMBS idalam ipelakasanaan imutu ipendidikan iyaitu ievaluasi iatau ipenilaian
iterhadap iguru iyang ibiasanya idiprioritaskan ipada iprestasi iindividu iguru
iterutama idalam ikegiatan iproses ibelajar imengajar, idan iperan isertanya idalam
ikegiatan ipendidikan idi isekolah. i i
Faktorpendukung ipenerapan iMBS idi iMTs iNegeri i2 iMedan iadalah
iadanya iperan iserta idari imasyarakat, ibaik iorang itua imaupun ikomite idalam
ikegiatan isekolah idan iguru iyang ihampir isemuanya imemenuhi ikualifikasi
iakademik. iSedangkan ifaktor ipenghambatnya iadalah ikurangnya isolislisasi
ikepada iorang itua iterkait iperencaan iprogram iMBS idan i iminimnya
ipemahaman iorang itua iterkait iMBS iserta iadanya isiswa iyang itidak itertib
iterhadap iperaturan isekolah.