Abstract:
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dalam bentuk studi kasus. Penelitian ini
dilaksanakan di SD Negeri 028266 Binjai. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengimplementasikan program Sekolah Ramah Anak dan mengembangkan karakter siswa di
SD Negeri 028266 Binjai. Adapun responden penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru.
Hasil penelitian ini adalah kebijakan sekolah ramah anak di SD Negeri 028266 Binjai
mendorong seluruh warga sekolah untuk peduli terhadap lingkungan sekolah dan anti
kekerasan sehingga suasana di sekolah menjadi sehat, aman dan nyaman. Pembentukan
karakter peserta didik melalui sekolah ramah anak di SD Negeri 028266 Binjai sudah
berjalan dengan baik karena guru-guru di sekolah sudah membentuk karakter peserta didik
yang tadinya malas belajar dan mengerjakan tugas, kurang disiplin dalam mengerjakan tugas
menjadi lebih giat lagi dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. SD Negeri 028266 Binjai
memiliki lingkungan sekolah yang ramah anak dan mendukung pengembangan karakter
siswa, memiliki sarana prasarana sudah cukup memadai namun masih perlu pengembangan
yang lebih lanjut untuk kearahan sekolah ramah anak. SD Negeri 028266 Binjai telah
mengimplementasikan pendidikan ramah anak, bahwasanya sekolah telah mengupayakan
berbagai program maupun kegiatan dalam mengimplementasikan pendidikan ramah anak.
Meskipun sekolah telah berupaya untuk mengimplementasikan pendidikan ramah anak
sebaik mungkin namun masih dikatakan belum optimal.