Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Faktor-Faktor Yang
Mempengaruhi Kesulitan Belajar Siswa Kelas V Pada Materi Tematik Melalui
Kegiatan Pembelajaran Daring Dan Faktor Yang Paling Mendominasi Kesulitan
Belajar Siswa Kelas V Pada Materi Tematik Melalui Kegiatan Pembelajaran
Daring. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif jenis deskriptif.
Dalam penelitian ini peneliti melakukan analisis kesulitan belajar yang dialami oleh
siswa ketika mengikuti kegiatan belajar mengajar secara daring. Jadi peneliti
menggunakan pendekatan deskriptif dan menggunakan jenis penelitian kualitatif.
Karena penelitian ini menghasilkan data yang berupa kata-kata tertulis atau lisan
dari para siswa yang di amati serta dari narasumbernya yaitu guru kelas. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar
siswa kelas V pada Materi Tematik Melalui Kegiatan Pembelajaran Daring yaitu
faktor internal dan faktor eksternal yang ada pada siswa. Seperti faktor minat belajar
siswa, faktor motivasi belajar siswa, faktor dukungan orang tua, faktor ekonomi
keluarga, faktor teman bermain, dan faktor intelegensi. Serta faktor kesulitan
belajar yang paling mendominasi terjadi pada siswa kelas V pada materi tematik
melalui kegiatan pembelajaran daring yaitu faktor minat belajar siswa dengan nilai
rata-rata sebesar 13,24.