Abstract:
Pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Royal Prima Medan mencakup
pelayanan medik, pelayanan penunjang medik, rehabilitasi medik dan pelayanan
perawatan. Pelayanan tersebut dilaksanakan melalui unit gawat darurat, unit rawat
jalan, dan unit rawat inap. Pelayanan yang dilakukan perawat kepada pasien rawat
inap mengatakan kurang puas dengan komunikasi terapeutik yang dilakukan oleh
perawat, pasien menyatakan bahwa perawat kurang informatif dan jarang
memperkenalkan diri sebelum melakukan perawatan maupun tindakan medis,
sedangkan salah satu hal yang mendukung kesembuhan pasien tidak hanya
memberikan informasi tentang kesehatannya tapi mendengarkan keluhan pasien,
empati, edukasi dari pelayanan yang ramah juga sangat mempengaruhi
kesembuhan pasien. Kondisi ini dialami oleh pasien yang menggunakan fasilitas
BPJS, sedangkan pasien yang tidak menggunakan fasilitas BPJS dilayani dengan
baik dan memuaskan.
Rumusan masalah penelitian ini “Bagaimana Komunikasi Terapeutik
Dalam Keperawatan Kepada Pasien di Rumah Sakit Royal Prima Medan“. Tujuan
penelitian yaitu: “ Untuk Menjelaskan Komunikasi Terapeutik Dalam
Keperawatan Kepada Pasien di Rumah Sakit Royal Prima Medan“.Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif. Nara Sumber/Informan dalam penelitian ini
adalah para perawat dan pasien rawat inap rumah sakit umum Royal Prima Medan
yakni. 5 orang perawat dan 5 orang pasien untuk dijadikan narasumber/informan
dalam penelitian ini sehingga berjumlah 10 orang. Penelitian ini jenis data yang
digunakan yakni kata-kata dan tindakan, sumber data. Teknik pengumpulan data
yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan studi Dokumen, teknik analisis
data yakni analisis deskriptif berupa pemaparan hasil wawancara.
Kesimpulan hasil penelitian yakni Komunikasi terepeutik antara perawat
dan pasien dipengaruh oleh keluarga pasien, dalam berkomunikasi terkadang
pasien tidak langsung bertanya kepada perawat, tetapi kekeluarga yang bertanya
keluhan pasien. Komunikasi terapeutik perawat memiliki beberapa tahap yaitu
tahap pra-interaksi, tahap Perkenalan, tahap orientasi, tahap kerja, dan tahap
terminasi serta komunikasi Antar pribadi perawat dan pasien memiliki beberapa
teknik komunikasi yaitu keterbukaan, empati, dukungan, sikap positif dan
kesetaraan.