Abstract:
Aplikasi mobile jaminan kesehatan nasional (JKN) merupakan suatu
bentuk transformasi digital model bisnis BPJS kesehatan yang semula berupa
kegiatan administrasi di lakukan di kantor cabang atau fasilitas kesehatan, di
trasformasi dalam bentuk aplikasi yang dapat digunakan oleh peserta dimana saja
dan kapan saja tanpa batasan waktu. Aplikasi mobile jaminan kesehatan nasional
(JKN) dapat memberikan kemudahan bagi para pengguna BPJS ataupun kepada
masyarakat. Kemudahan yang dimaksud seperti membayar iuaran BPJS
mengubah data kepesertaan,mengetaui data peserta keluarga dll. Tujuan penelitian
ini yaitu untuk mengetaui pemanfaatan aplikasi jaminan kesehatan nasional (JKN)
untuk meningkatkan efektivitas pelayanan BPJS kesehatan di kota medan. Jenis
penelitian yang diambil adalah penelitian deskriptip dengan pendekatan kualitatif.
Penelitian ini mengambil narasumber sebanyak empat orang. Sedangkan teknik
pengambilan data yaitu menggunakan teknik observasi, wawancara dan
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa efektifitas pelayanan BPJS
kesehatan melalaui aplikasi mobile jaminan kesehatan nasioanal (JKN) dikota
medan di katakan efektif dan efisien dikarenakan dengan adanya aplikasi ini
sangat membantu kegiatan administrasi di kantor BPJS kesehatan dalam melayani
masyarakat. Aplikasi mobile JKN sangat membantu untuk mengakses pelayanan
BPJS kesehatan karna banyaknya fitur-fitur dilamnya peserta tidak perlu pergi ke
kantor BPJS kesehatan, dengan menggunakan aplikasi mobile JKN atau care
center peserta sudah bisa langsung mendapatkan pelayanan BPJS kesehatan.