dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan dan
kemandirian belajar terhadap hasil belajar Siswa kelas XI Akuntansi SMK
Harapan Mekar 2 Medan. Sampel Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa
kelas XI Akuntansi yang berjumlah 37 orang, sedangkan teknik pengumpulan
data menggunakan Angket (Kuesioner). Teknik analisis data mengumpulkan uji
prasyarat (uji normalitas , uji linearitas serta analisis regresi linear berganda) dan
uji hipotesis (uji parsial (uji-t), uji simultan (uji-F), serta koefisien determinasi).
Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan program SPSS 16.0,
diperoleh hipotesis penelitian yang menggunakan pengujian regresi linear
berganda adalah Y= 7,365 + 0,082 X1 + 0,472 X2. Artinya jika nilai konstanta
sebesar 7,365 yang berarti, jika variabel X1 dan X2 sama dengan nol maka Y
adalah sebesar 7,365. Nilai koefisien regresi X1 sebesar 0,082 menunjukkan
apabila X1 mengalami kenaikan sebesar 100% maka akan meningkatkan hasil
belajar sebesar 8,2%. Nilai koefisien regresi X2 sebesar 0,472 menunjukkan
apabila X2 mengalami kenaikan sebesar 100% maka akan meningkatkan hasil
belajar sebesar 47,2%. Hasil penelitian uji hipotesis yang menggunakan uji-t
kedisiplinan belajar diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu sebesar 2.141 > 2.026
dengan probabilitas Sig 0,040 < 0.05. Hasil uji hipotesis uji-t kemandirian belajar
diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu sebesar 5.569 > 2.026 dengan probabilitas Sig
0,000 < 0.05. Hasil uji simultan (uji F) diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 <
0,05. Jika dibandingkan nilai nilai Fhitung dengan Ftabel maka dihasilkan 23.310 >
3,250. Hasil koefisien determinasi (R2
) terdapat nilai Rsquare adalah sebesar 0,578
atau sama dengan 57,8% artinya bahwa kedisiplinan belajar dan kemandirian
belajar mampu untuk menjelaskan hasil belajar Siswa kelas XI Akuntansi SMK
Harapan Mekar 2 Medan adalah sebesar 57,8% dan sisanya 42,2% dijelaskan oleh
variabel bebas yang lainnya yang tidak diikutsertakan ke dalam model penelitian
ini. Hal ini berarti ada pengaruh antara kedisiplinan belajar dan kemandirian
belajar terhadap hasil belajar Siswa SMK Harapan Mekar 2 Medan T.P
2021/2022. |
en_US |