Abstract:
Pada masa modern ini media sosial contohnya seperti Facebook dijadikan
sebagai tempat penjualan yang mudah dilakukan oleh para pelaku UKM untuk
mempromosikan produknya sehingga banyak cara yang dilakukan untuk dapat
menarik perhatian konsumen Terhadap produk tersebut. Selain itu cara yang
dilakukan para pelaku UKM yaitu dari mulut ke mulut atau dari orang ke orang
Cara ini dilakukan untuk mempromosikan produk yang dihasilkan Secara
langsung kepada konsumen sehingga konsumen dapat mengerti dengan Jelas
tentang produk tersebut , kemudian apakah dengan cara itu dapat menarik
perhatian konsumen dalam melakukan keputusan pembelian atau tidak pada masa
pandemi Covid-19 sekarang ini , maka dari dari itu penelitian ini dilakukan.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Pengaruhi media sosial facebook
terhadap keputusan pembelian Produk UKM di Serdang Bedagai pada masa
Pendemi covid-19 (2) Pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian
Produk UKM di Serdang Bedagai pada masa Pendemi covid-19, (3) Pengaruh
media sosial facebook dan word of mouth terhadap keputusan pembelian Produk
UKM di Serdang Bedagai pada masa Pendemi covid-19. Penelitian ini
menggunakan metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel pada
penelitian ini sebanyak 96 responden dengan menggunakan teknik nonprobability
sampling dengan pendekatan insidental sampling dengan kriteria pengunjung
berusia 17 tahun ke atas, dan pernah membeli Produk UKM Dodol, Ayam Penyet,
dan Coffe shop minimal 1 kali, dan aktif menggunakan media sosial Facebook.
Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan rehabilitas, uji
asumsi klasik, uji analisis regresi berganda, uji hipotesis melalui uji-t dan uji-f, uji
koefisien determinasi.
Pengujian dilakukan dengan menggunakan bantuan SPSS. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa media sosial facebook berpengaruh parsial dimana t-hitung
(5.916) > t-tabel (1,985) dengan tingkat signifikan 0,000<0,05 dan word of mouth
berpengaruh secara parsial dimana thitung (4,732) > t-tabel (1,985) dengan
tingkat signifikan 0,000<0,05. Secara simultan media sosial facebook dan word of
mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar
89,90% dan sisanya 44,70% dijelaskankan oleh variabel independen lain yang
tidak diikutsertakan dalam penelitian ini.