Abstract:
Penelitian iini ibertujuan iuntuk imengetahui idan imenganalisis iperilaku
ikepemimpinan ikepala isekolah idalam imemotivasi,membimbing idan
imemonitoring iguru iguru idalam ipeningkatan ipartisipasi ikerja iguru idi iSD
iNegeri iNo.112260 iGunting iSaga i iKualuh iSelatan iLabuhanbatu
iUtara.Penelitian ini menggunakan metodeiikualitatif idengan ipendekatan study
kasus.Data diperolehidengan iteknik iwawancara,observasi idan ianalisis
idokumen.Analisis idata imenggunakan iteri iMiles idan iHuberman imelalui
itahapan ireduksi idata,penyajian idata idan ipenarikan ikesimpulan idan
iverifikasi.Hasil ipenelitian imenunjukkan ibahwa iperilaku ikepemimpinan
ikepala isekolah idalam imemotivasi,membimbing idan imemonitoring iguru
idapat imeningkatkan ietos ikerja,kualitas idan iprofesionalisme iguru idalam
iproses ibelajar imengajar iguru idi ikelas isehingga idapat imeningkatakan
ipartisipasi ikerja iguru idi iSD iNegeri iNo.112260 iGunting iSaga.Dari ihasil
ipenelitian iini idiperoleh ikesimpulan,1.Perilaku ikepemimpinan ikepala isekolah
idalam imemotivasi iguru idilakukan idengan icara imembangun ikomunikasi
iyang ibaik iantara isesame iguru,menempatkan iguru isesuai
ikompetensinya.2.Dalamimembimbing iguru idilakukan idengan icaraisecara
irutin imelalukan ipembinaan ikesadaran ikolektif idari isetiap iguru iagar idapat
imewujudkan ilingkungan isekolah iyang iaman idan itertib idengan imematuhi itata
itertib isekolah; iberusaha iuntuk ibisa ibersikap iadil i, idan iselalu imengayomi
iseluruh iguru.3.Sedangkan idalam imemonitoring iguru idilakukan idengan
imelihat ietos ikerja,kemapuan ikompetensi idan ikeprofesionalan iguru dalam proses
belajar mengajar.Secara teori penelitian ini berguna bagi pengembangan ilmu
pengetahuan baru.Bagi praktisi berguna sebagai informasi yang sangat urgent.