Research Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP NEGERI 7 TANJUNGBALAI

Show simple item record

dc.contributor.author HUSNA, FARIDATUL
dc.date.accessioned 2021-10-01T03:20:30Z
dc.date.available 2021-10-01T03:20:30Z
dc.date.issued 2021-02
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15506
dc.description.abstract Masalah yang dikaji pada penelitian ini adalah Pengaruh Model Pembelajaranproblem Based Learning (PBL) dan Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh yang signifikan antara model Problem Based Learning dan model Contextual Teaching and Learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa, (2) Pengaruh yang signifikan antara model Problem Based Learning dan model Contextual Teaching and Learning terhadap Kemandirian Belajar Siswa, (3) Interaksi antara kemamouan awal matematika dan model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa, (4) interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pemblejaran terhadap kemandirian belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) Tes kemampuan awal matematika siswa, (2) Tes kemampuan berpikir kritis matematis siswa, (3) Angket Kemandirian Belajar Siswa. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis inferensial. Analisis inferensial data dilakukan dengan analisis covarians dan ANACOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara model Problem Based Learning dan model Contextual Teaching and Learning terhadap kemampuan berpikir krtitis matematis siswa, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara model Problem Based Learning dan model Contextual Teaching and Learning terhadap kemandirian belajar siswa, (3) Tidak terdapat interaksi awal kemampuan awal mateatika dengan model terhadap kemampuan berpikir krtitis matematis siswa, (4) Tidak terdapat interaksi awal kemampuan awal mateatika dengan model terhadap kemandirian belajar siswa. en_US
dc.subject Kemampuan Awal Matematika en_US
dc.subject Model Problem Based Learning en_US
dc.subject Model Contextual Teaching and Learning, en_US
dc.subject Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa dan Kemandirian Belajar Siswa. en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP NEGERI 7 TANJUNGBALAI en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account