Abstract:
Masalah yang dikaji pada penelitian ini adalah Pengaruh Model
Pembelajaranproblem Based Learning (PBL) dan Contextual Teaching And
Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan
Kemandirian Belajar Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)
Pengaruh yang signifikan antara model Problem Based Learning dan model
Contextual Teaching and Learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis
siswa, (2) Pengaruh yang signifikan antara model Problem Based Learning dan
model Contextual Teaching and Learning terhadap Kemandirian Belajar Siswa,
(3) Interaksi antara kemamouan awal matematika dan model pembelajaran
terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa, (4) interaksi antara
kemampuan awal matematika dan model pemblejaran terhadap kemandirian
belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Instrumen
yang digunakan terdiri dari: (1) Tes kemampuan awal matematika siswa, (2) Tes
kemampuan berpikir kritis matematis siswa, (3) Angket Kemandirian Belajar
Siswa. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis
inferensial. Analisis inferensial data dilakukan dengan analisis covarians dan
ANACOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang
signifikan antara model Problem Based Learning dan model Contextual Teaching
and Learning terhadap kemampuan berpikir krtitis matematis siswa, (2) Terdapat
pengaruh yang signifikan antara model Problem Based Learning dan model
Contextual Teaching and Learning terhadap kemandirian belajar siswa, (3) Tidak
terdapat interaksi awal kemampuan awal mateatika dengan model terhadap
kemampuan berpikir krtitis matematis siswa, (4) Tidak terdapat interaksi awal
kemampuan awal mateatika dengan model terhadap kemandirian belajar siswa.