Abstract:
Keputusan pembelian konsumen merupakan keputusan untuk
menggunakan produk setelah mencari informasi mengenai produk tersebut sesuai
dengan kebutuhan dan keinginannya. Citra merek adalah apa yang konsumen
pikirkan atau rasakan ketika mereka mendengar atau melihat nama suatu merek
atau pada intinya apa yang konsumen telah pelajari tentang merek. Kualitas
produk merupakan upaya atau kemampuan yang dilakukan perusahaan dalam
memberikan kepuasan kepada konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui apakah ada pengaruh antara citra merek, kualitas produk terhadap
keputusan pembelian laptop acer di fakultas ekonomi UMSU.
Populasi dalam penelitian ini adalah kosumen yang menggunakan laptop
acer di fakultas ekonomi UMSU. Sampel diambil menggunakan kuota sampling
sebanyak 50 orang konsumen. Teknik pengumpulan data wawancara dan
kuesioner yang di uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan
uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji t, uji F dan koefiien
determinan (R-Square).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh antara variabel
citra merek terhadap variabel keputusan pembelian, tidak ada pengaruh antara
variabel kualitas produk terhadap variabel keputusan pembelian laptop acer pada
fakultas ekonomi UMSU.
Ada pengaruh secara bersama-sama antara variabel citra merek, kualitas
produk terhdadap keputusan pembelian laptop acer di fakultas ekonomi UMSU.
Nilai R-Square adalah adalah 0,075 atau 7,5% menunjukkan sekitar 7,5%
variabel Y dapat dijelaskan oleh variabel citra merek dan kualitas produk. Hal ini
menunjukkan sekitar 7,5% variabel keputusan pembelian dipengaruhi oleh citra
merek dan kualitas produk. Dan sisanya 92,5% dipengaruhi oleh variabel lain
yang tidak ditelti.