Abstract:
Loyalitas Nasabah adalah kesetiaan nasabah terhadap suatu merek tertentu yang
diekspresikan melalui perhatian maupun sikap untuk mengulang pembelian tersebut secara
berkala.loyalitas nasabah dipengaruhi oleh faktor Kepuasan dan Kepercayaan Merek. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Kepuasan dan Kepercayaan Merek terhadap
Loyalitas Nasabah Pada PT. Bank Sumut Cabang Krakatu.
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mempengaruhi pengaruh kepuasan dan
kepercayaan merek terhadap loyalitas nasabah Pada PT. Bank Sumut Cabang Krakatau.
Untuk mengetahui pengaruh kepuasan terhadap loyalitas nasabah Pada PT. Bank Sumut
Cabang Krakatau. Untuk mengetahui pengaruh kepercayaan merek terhadap loyalitas
nasabah Pada PT. Bank Sumut Cabang Krakatau.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah Tabungan Martabe Pada PT.
Bank Sumut Cabang Krakatau yang berjumlah 5922 nasabah. Pemilihan sampel yang diambil
sebagian responden dengan menggunakan metode Slovin, sampel dalam penelitian ini adalah
98 nasabah Tabungan Martabe Pada PT. Bank Sumut Cabang Krakatau.
Teknik Pengumpulan Data yang digunakan adalah daftar pernyataan (Questioner) dan
wawancara. Lalu diuji Validitas dan Reliabilitas Teknis analisisdata yang digunakan adalah
menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda, Uji Asumsi Klasik dan menggunakan
Analisis Uji t,Uji F dan Koefisien Determinat.
Hasil uji hipotesis secara serentak menunjukkan Pengaruh Kepuasan dan
Kepercayaan Merek terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT. Bank Sumut Cabang Krakatau.
Secara parsial variabel Kepuasan berpengaruh terhadap Loyalitas Nasabah dengan thitung
sebesar 2,929 ≥ tabel sebesar 1,985 dan mempunyai angka signifikan sebesar 0.04 ≤ 0.05, dan
untuk variabel Kepercayaan Merek berpengaruh terhadap Loyalitas Nasabah thitung sebesar
3,000 ≥ tabel sebesar 1,985 dan mempunyai angka signifikan sebesar 0.03 ≤ 0.05. Hasil uji F
menunjukkan Fhitung 12.523≥Ftabel sebesar 3,092 menuntukkan ada pengaruh yang signifikan
Kepuasan dan Kepercayaan Merek secara bersama-sama terhadap Loyalitas Nasabah. Nilai R
Square sebesar 0,209 menunjukkan bahwa 20,9% variabel Loyalita Nasabah dapat dijelaskan
oleh variabel Kepuasan dan Kepercayaaan Merek dan 80,1% dipengaruhi variabel lain