Abstract:
Lingkungan Teman Sebaya merupakan lingkungan kedua setelah keluarga
dimana seorang anak atau siswa merasa nyaman untuk bereksperimen dan
menerima informasi baru dari luar lingkungan keluarga. Perkembangan sosial
pada anak ditandai dengan adanya perluasan hubungan, disamping dengan para
anggota, juga dengan teman sebaya sehingga ruang gerak sosialnya bertambah
luas. Gaya belajar adalah cara seseorang yang paling efektif dalam memperoleh
informasi dari lingkungannya, terutama saat ia harus menguasai suatu materi.
Gaya belajar juga diartikan sebagai prosedur sistematis dalam mengorganisasikan
pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar. Dapat juga diartikan suatu
pendekatan yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Hasil belajar adalah
tahap pencapaian actual yang ditampilkan dalam bentuk perilaku yang meliputi
aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik dan dapat dilihat dalam bentuk
kebiasaan, sikap, penghargaan. Hasil belajar pada dasarnya terjadinya proses
perubahan tingkah laku dari tidak tahu menjadi tahu, dari sikap yang kurang baik
menjadi lebih baik, dari tidak terampil menjadi temapil pada peserta didik.
Dari hasil penelitian ini adapun tujuan yang didapatkan dari penelitian ini
adalah pengaruh lingkungan teman sebaya dan gaya belajar terhadap hasil belajar
siswa IPS kelas X SMA PAB 4 Sampali Tahun Pembelajaran 2020/2021. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentyasi (daftar nilai siswa) dan
angket (kuesioner). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah analisis regresi berganda, uji hipotesis yang terdiri atas uji t dan uji f, uji
asumsi klasik yang terdiri atas uji normalitas data, uji autokorelasi, uji
multikolinearitas, uji heteroskedastisitas.
Dari uji yang telah dilakukan dapat diperoleh nilai lingkungan teman sebaya
terhadap hasil belajar dapat disimpulkan tidak signifikan terhadap hasil belajar siswa IPS
kelas X SMA PAB 4 Sampali Tahun Pembelajaran 2020/2021. Dan untuk gaya belajar
terhadap hasil belajar dapat disimpulkan bahwa gaya belajar berpengaruh signifikan
terhadap hasil belajar siswa IPS kelas X SMA PAB 4 Sampali Tahun Pembelajaran
2020/2021 . Analisis regresi berganda yang didapat dari lingkungan teman sebaya dan
gaya belajar terhadap hasil belajar menunjukan adanya pengaruh positif antara
lingkungan teman sebaya dan gaya belajar terhadap hasil belajar. Hal ini menunjukan ada
pengaruh yang signifikan.