Research Repository

Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa IPS Kelas X SMA PAB 4 Sampali Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Ridha, Naimatur
dc.date.accessioned 2021-06-09T08:47:49Z
dc.date.available 2021-06-09T08:47:49Z
dc.date.issued 2021-12-29
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15185
dc.description.abstract Lingkungan Teman Sebaya merupakan lingkungan kedua setelah keluarga dimana seorang anak atau siswa merasa nyaman untuk bereksperimen dan menerima informasi baru dari luar lingkungan keluarga. Perkembangan sosial pada anak ditandai dengan adanya perluasan hubungan, disamping dengan para anggota, juga dengan teman sebaya sehingga ruang gerak sosialnya bertambah luas. Gaya belajar adalah cara seseorang yang paling efektif dalam memperoleh informasi dari lingkungannya, terutama saat ia harus menguasai suatu materi. Gaya belajar juga diartikan sebagai prosedur sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar. Dapat juga diartikan suatu pendekatan yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Hasil belajar adalah tahap pencapaian actual yang ditampilkan dalam bentuk perilaku yang meliputi aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik dan dapat dilihat dalam bentuk kebiasaan, sikap, penghargaan. Hasil belajar pada dasarnya terjadinya proses perubahan tingkah laku dari tidak tahu menjadi tahu, dari sikap yang kurang baik menjadi lebih baik, dari tidak terampil menjadi temapil pada peserta didik. Dari hasil penelitian ini adapun tujuan yang didapatkan dari penelitian ini adalah pengaruh lingkungan teman sebaya dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa IPS kelas X SMA PAB 4 Sampali Tahun Pembelajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentyasi (daftar nilai siswa) dan angket (kuesioner). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda, uji hipotesis yang terdiri atas uji t dan uji f, uji asumsi klasik yang terdiri atas uji normalitas data, uji autokorelasi, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas. Dari uji yang telah dilakukan dapat diperoleh nilai lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar dapat disimpulkan tidak signifikan terhadap hasil belajar siswa IPS kelas X SMA PAB 4 Sampali Tahun Pembelajaran 2020/2021. Dan untuk gaya belajar terhadap hasil belajar dapat disimpulkan bahwa gaya belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa IPS kelas X SMA PAB 4 Sampali Tahun Pembelajaran 2020/2021 . Analisis regresi berganda yang didapat dari lingkungan teman sebaya dan gaya belajar terhadap hasil belajar menunjukan adanya pengaruh positif antara lingkungan teman sebaya dan gaya belajar terhadap hasil belajar. Hal ini menunjukan ada pengaruh yang signifikan. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Lingkungan Teman Sebaya en_US
dc.subject Gaya Belajar en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa IPS Kelas X SMA PAB 4 Sampali Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account