Abstract:
Pada kondisi saat ini serta perkembangan teknologi, menuntut pembelajaran yang
mungkin dapat diakses kapan saja dan dimana saja, untuk itu peneliti
mengembangkan media pembelajaran M-learning menggunakan model pembelajaran
matematika realistic yang diharapkan dapat meningkatkan keterampilan komunikasi
dan representasi matematis siswa. Terlebih pada keadaan pandemic saat ini, siswa
dituntut untuk bisa beradaptasi dengan perubahan sistem pembelajaran yang ada,
selain mereka juga dituntut untuk dapat meningkatkan keterampilannya dalam
mengkomunikasikan dan mempresentasikan pembelajaran yang mereka lakukan.
Untuk itu peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan media
pembelajaran M-learning dengan menggunakan model pembelajaran matematika
realistik untuk meningkatkan keterampilan komunikasi dan representasi matematis
siswa.. Pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini merupakan
pengembangan model 4D Thiagarajan. Pertama peneliti membuat perangkat
pembelajaran berupa Media video Pembelajaran, Buku Guru, RPP, LKPD dan
Instrumen Tes Kemampuan Komunikasi dan Representasi Matematis Siswa dengan
menerapkan model Matematika Realistik yang kemudian divalidasi. Selanjutnya
dirancang media pembelajaran M-learning menggunakan software Articulate
Storyline 3. Hasil yang diperoleh setelah diuji cobakan dan diukur dengan instrumen
yang disediakan, maka Media Pembelajaran M-learning dinyatakan valid dengan
tingkat efektivitas dan kepraktisan sangat tinggi.