Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kepemimpinan
instruksional kepala sekolah terhadap kinerja guru; (2) pengaruh motivasi guru
terhadap kinerja guru; (3) pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja guru; (4)
pengaruh kepemimpinan instruksional kepala sekolah, motivasi guru, disiplin
kerja terhadap kinerja guru di SMA Negeri Pujud, Kabupaten Rokan Hilir secara
simultan. Penelitian ini akan dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas/SMA
Negeri Kecamatan Pujud, Kabupaten Rokan Hilir, Riau. Terdapat 2 sekolah SMA
Negeri di kecamatan pujud, yaitu: SMA Negeri 1 Pujud dan SMA Negeri 2 Pujud,
Penelitian akan dilakukan dalam kurun waktu Februari 2020 sampai dengan Juni
2021. Dengan populasi dan sampel sebanyak 72 orang. Dimana teknik
pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara di sekolah tersebut.
Untuk itu dapat hasil penelitiannya adalah Ada pengaruh positif dan signifikan
antara kepemimpinan intruksional dengan kinerja guru. Artinya semakin tinggi
dan positif kepemimpinan intruksional maka semakin tinggi dan positif kinerja
guru SMA Negeri Kecamatan Pujud hal ini diartikan bahwa variasi yang terjadi
pada variabel kepemimpinan instruksional sebesar 14,6 % dan 85,4% dipengaruhi
oleh faktor lainnya dan dapat diprediksi dalam meningkatkan kinerja
guru.Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi kerja dengan
kinerja guru. artinya semakin tinggi dan positif motivasi kerja maka semakin
tinggi dan positif kinerja guru SMA Negeri Kecamatan Pujud. Hal ini diartikan
bahwa variasi yang terjadi pada variabel motivasi kerja sebesar 59,6 % dan
40,6% dipengaruhi oleh faktor lainnya dan dapat diprediksi dalam meningkatkan
kinerja guru.Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara disiplin kerja dengan
kinerja guru. Artinya semakin tinggi dan positif disiplin kerja maka semakin
tinggi dan positif kinerja guru SMA Negeri Kecamatan Pujud hal ini diartikan
bahwa variasi yang terjadi pada variabel disiplin kerja sebesar 37,0 % dan 63,0%
dipengaruhi oleh faktor lainnya dan dapat diprediksi dalam meningkatkan kinerja
guru. Terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama
kepemimpinan instruksional, motivasi kerja dan disiplin kerja yang mana artinya
adalah dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan instruksional, motivasi kerja dan
motivasi kerja jika semakin tinggi dan positif kinerja guru dengan memberikan
sumbangan pengaruh sebesar kepemimpinan instruksional, motivasi kerja dan
motivasi kerja secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap variabel kinerja
guru di SMA Negeri Kecamatan Pujud sebesar 60,4% dan 39,4% dipengaruhi
oleh faktor lainnya hal ini bermakna bahwa adanya pengaruh kinerja guru dapat
di diprediksi prediksi ketiga variabel bebas tersebut