Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui peningkatan kemampuan
berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh pembelajaran model discovery
learning dan siswa yang memperoleh pembelajaran Ekspositori, (2) mengetahui
peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh
pembelajaran model discovery learning dan siswa yang memperoleh pembelajaran
Eskpositori., (3) mengetahui bagaimana aktivitas siswa selama proses pembelajaran
dengan model discovery learning.
Penelitian ini merupakan penelitian peningkatan dengan menggunakan pembelajaran
Discovery Learning. Oleh karena itu, dalam memberikan perlakuan tidak
memungkinkan untuk mengontrol dan mengendalikan semua variabel yang relevan,
kecuali beberapa dari variabel tersebut diatas, maka penelitian ini merupakan
penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII
SMP Swasta Setia Budi Abadi Perbaungan. Sedangkan teknik pengambilan sampel
dilakukan dengan menggunakan sampling purposif (purposive sampling). Sampel
yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-A dan kelas VII-B. Kelas
eksperimen sejumlah 32 siswa dan kelas kontrol sejumlah 32 siswa. Metode
pengumpulan data adalah metode dokumentasi, wawancara dan metode tes.
Instrumen penelitian adalah tes kemampuan kreatifitas dan representasi, angket dan
tes prestasi. Prasyarat uji validitas tes menggunakan korelasi product moment, untuk
mengetahui signifikansi korelasi yang diperoleh dengan uji t dan hasil perhitungan
menggunakan validasi uji coba (empirik). Dengan taraf signifikan 5%, dk = 32-2 = 30
diperoleh t
tab = 1,69