Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa tingkat kepuasan
masyarakat yang diukur dari kenyataan (tangiable), kehandalan (reliability), daya
tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), empati (empathy terhadap
realisasi pelaksanaan RPJMDes serta menganalisa strategi prioritas dalam
meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap realisasi pelaksanaan RPJMDes di
Desa Air Genting Kabupaten Asahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan
deskriptif dan verifikatif. Populasi penelitian ini adalah masyarakat desa dengan
kriteria usia 16-55 tahun sebanyak 4.543 jiwa. Sampel penelitian ini
menggunakan rumus slovin yaitu sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan
data melalui kuisioner (angket) yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya.
Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Microsoft Excel
2010 dan SPSS versi 20 dengan analisis Tingkat Kesesuaian Indeks dan Diagram
Kartesius. Hasil nilai Tingkat Kesesuaian Indeks (TKI) sebesar 80,2%
menunjukkan bahwa tingkat kepuasan masyarakat Air Genting dikategorikan
penting. Hasil diagram kartesius menunjukkan atribut yang paling banyak
menempati kuadran B sebanyak 14 atribut yang harus tetap dipertahankan.