Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi, motivasi
kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja Guru SMA Negeri 15 Medan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan asosiatif kuantitatif. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh guru SMA Negeri 15 Medan pada tahun 2019.
Sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh sebanyak 65 orang.
Teknik pengumpulan data melalui studi pustaka dan kuesioner yang telah diuji
validatas dan reabilitasnya. Analisis data yang digunakan adalah metode
Structural Equation Model (SEM) dengan metode Partial Least Square (PLS).
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) kompetensi berpengaruh positif
signifikan terhadap kinerja dengan nilai 0.252 dan P-Values 0.025. (2). Motivasi
kerja berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan kinerja dengan nilai 0.247
dan P-Values 0.018. (3). Lingkungan kerja berpengaruh positif signifikan
terhadap kinerja dengan nilai 0.493 dan P-Values 0.000.