dc.description.abstract |
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat peran inovasi produk dalam
memediasi pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran pada UMKM di
Kota Medan. Metodologi asosiatif kuantitatif digunakan dalam penelitian ini.
Semua UMKM bidang kuliner khususnya minuman di Kecamatan Medan
Maimun, Medan Tembung, Medan Marelan, dan Medan Denai menjadi populasi
dalam penelitian ini. Sampel yang digunakan berjumlah 100 responden. Kuisioner
dan wawancara yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya merupakan teknik
pengumpulan data yang digunakaan. Analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah: (1) Analisis model pengukuran / measurement model
analysis (outer model); (2) Analisis model struktural / structural model analysis
(inner model); dan (3) Uji sobel analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian
menunjukkan bahwa (1) pengaruh orientasi pasar terhadap inovasi produk dengan
nilai 0,561 dan P-value 0,000 adalah positif signifikan. (2) Pengaruh orientasi
pasar terhadap kinerja pemasaran dengan nilai 0,084 dan P-Values 0,316 bersifat
positif namun tidak signifikan. (3) pengaruh inovasi produk terhadap kinerja
pemasaran dengan nilai 0,623 dan P-value 0,000, adalah positif dan signifikan. (4)
peran inovasi produk dalam memediasi pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja
pemasaran dengan nilai z hasil = 5,08886 dinilai positif signifikan |
en_US |