Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kompetensi
guru, motivasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru pada SMP Kartika 1-2
Medan. Penelitian ini menggunakan metode diskriptif kuantitatif
dengan menggunakan pendekatan normatif (legal research) untuk data sekunder
dan pendekatan empiris untuk memperoleh data primer melalui penelitian lapangan.
Populasi dalam penelitian ini adalah SMP Kartika 1-2 Medan, populasi berjumlah
31 guru dalam pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan teknik Quesioner
dengan menggunakan metode Likert Summated Rating.
Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu menggunakan deskripsi data, uji
asumsi klasik, regresi linier berganda, uji t (uji parsial), uji F (uji simultan), dan
koefisien determinasi dengan bantuan software SPSS 18 (Statistical Product and
Service Solutions).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan kompetensi guru, motivasi
dan lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap terhadap kinerja guru pada
SMP Kartika 1-2 Medan. Secara parsial kompetensi guru, movitasi dan
lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru pada SMP Kartika
1-2 Medan dan secara parsial kompetensi guru, movitasi kerja dan lingkungan
kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru pada SMP Kartika 1-2 Medan.