Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Dengan Strategi Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Akuntansi Kelas XI SMA Asuhan Daya T.A 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.author Cindy
dc.date.accessioned 2020-12-15T05:15:18Z
dc.date.available 2020-12-15T05:15:18Z
dc.date.issued 2020-10-21
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14529
dc.description.abstract Judul Penelitian ini adalah Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Dengan Strategi Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Akuntansi Kelas XI SMA Asuhan Daya T.A 2019/2020.Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada atau tidaknya perbedaan penggunaan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap keaktifan belajar akuntansi siswa. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah terdapat perbedaan keaktifan belajar akuntansi antara siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional?” Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yaitu peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa sebanyak dua kelas dari jumlah kelas XI SMA Asuhan Daya yang berjumlah 29 orang yang dipilih secara acak dan masing-masing dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen adalah kelas yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament i (TGT) sedangkan kelas kontrol adalah kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi,tes, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama empat kali dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan keaktifan belajar akuntansi antara siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional menggunakan rumus tes-t. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan keaktifan belajar akuntansi antara siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional. en_US
dc.subject Terdapat perbedaan antara siswa yang menggunakan pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Dengan Strategi Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Akuntansi Kelas XI SMA Asuhan Daya T.A 2019/2020 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account