Abstract:
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas XI
AK - 4 SMK Negeri 1 Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share
berbantu media pembelajaran LKS (Lembar Kerja Siswa) terhadap hasil belajar
Akuntansi siswa kelas XI AK - 4 SMK Negeri 1 Tahun Pembelajaran 2017-2018.
Yang menjadi populasi dalam penelitian ini yakni 4 kelas yang berjumlah 149
orang dengan teknik pengambilan sampel yang di gunakan adalah purposive
sampling sehingga yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas
XI AK - 4 instrumen yang di gunakan dalam penelitian ini berupa tes tertulis
berbentuk essay test yang berjumlah 10 soal yang sudah di validkan. Dari hasil
analisis data pre test di peroleh nilai rata – rata 73,06 dengan standart deviasi 8,44.
Sedangkan nilai pos test di peroleh nilai rata – rata 80,81 dengan standart deviasi
9,32 dan dalam uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung = 3,636 dan bila di
konsultasikan dengan nilai tabel “t” pada taraf signifikansi 0,05, dengan dk = N –
1 = 35 maka ttabel = 1,684. Dengan membandingkan antara thitung dengan ttabel maka
di peroleh (3,636 > 1,684), sehingga hipotesis diterima. Sehingga kesimpulannya
adalah “ Ada Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantu Media
Pembelajaran LKS (Lembar Kerja Siswa) Terhadap Hasil Belajar Akuntansi
Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018.