Abstract:
Judul Penelitian ini adalah Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games
Tournament (TGT) Dengan Strategi Pembelajaran Kooperatif Untuk
Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Akuntansi Kelas XI SMA
Asuhan Daya T.A 2019/2020.Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada atau
tidaknya perbedaan penggunaan pembelajaran kooperatif tipe Teams
Games Tournament (TGT) terhadap keaktifan belajar akuntansi siswa.
Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah terdapat
perbedaan keaktifan belajar akuntansi antara siswa yang menggunakan
pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan siswa
yang memperoleh pembelajaran secara konvensional?” Penelitian ini
merupakan penelitian eksperimen, yaitu peneliti berperan langsung sebagai
guru dalam proses pembelajaran. Sampel dalam penelitian ini adalah
siswa sebanyak dua kelas dari jumlah kelas XI SMA Asuhan Daya yang
berjumlah 29 orang yang dipilih secara acak dan masing-masing dibagi
menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen adalah kelas
yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament
i
(TGT) sedangkan kelas kontrol adalah kelas yang menggunakan
pembelajaran konvensional. Pengambilan data dalam penelitian ini
menggunakan lembar observasi,tes, dan dokumentasi. Dalam
penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama empat kali dengan
menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament
(TGT). Untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan
keaktifan belajar akuntansi antara siswa yang menggunakan
pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan
siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional
menggunakan rumus tes-t. Berdasarkan hasil analisis data tersebut,
diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan keaktifan belajar
akuntansi antara siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif
tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan siswa yang memperoleh
pembelajaran secara konvensional.