Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran komik
menggunakan metode Edutainment yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini
menggunakan model pengembangan Plomp (Plomp, 1997) yang terdiri dari 5 fase
pengembangan, yaitu (1) fase investigasi awal, (2) fase design, (3) fase realisasi,
(4) fase tes, evaluasi, dan revisi, dan (5) fase implementasi. Namun pada
penelitian ini hanya sampai pada fase tes, evaluasi, dan revisi. Instrumen yang
digunakan pada penelitian adalah lembar validasi media komik, lembar respon
siswa terhadap media komik, dan lembar wawancara. Penelitian ini dilaksanakan
di sekolah dengan siswa kelas VII yang berjumlah 8 orang pada materi aljabar.
Berdasarkan hasil validasi media komik didapat bahwa media komik dinyatakan
valid dengan skor rata-rata oleh ahli materi 3,6651 dan ahli media 3,85.
Berdasarkan hasil angket respon siswa terhadap media komik didapat bahwa
media komik dinyatakan sangat praktis dengan skor rata-rata 4,38. Berdasarkan
hasil wawancara terhadap siswa didapat bahwa media komik dinyatakan efektif
karena dapat memotivasi minat belajarnya lebih giat lagi.