Research Repository

Pertanggungjawaban Pelaku Usaha Terhadap Handphone Yang Mengalami Cacat Tersembunyi Yang Diterima Konsumen (Studi Kasus PT. Datascrip Cabang Medan)

Show simple item record

dc.contributor.author Ramadhan, Saumi
dc.date.accessioned 2020-03-01T11:10:12Z
dc.date.available 2020-03-01T11:10:12Z
dc.date.issued 2019-09-17
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1421
dc.description.abstract Pertanggungjawaban pelaku usaha terhadap konsumen sangat penting untuk di ketahui karena saat ini banyaknya tindakan penjualan barang dengan keadaan tidak sempurna yang terjadi dan merugikan konsumen oleh pelaku usaha. Pelaku usaha selaku pemilik barang yang di jual harus bertanggung jawab atas segala sesuatu yang ditimbulkan akibat adanya suatu barang yang di jual yang entah diketahui atau tidak diketahui pelaku usaha sehingga menyebabkan kerugian terhadap konsumen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor penyebab terjadinya cacat tersembunyi pada handphone yang dijual oleh PT. Datascrip Cabang Medan dan untuk mengetahui pengaturan hukum mengenai cacat tersembunyi dalam kaitan Kitab Undang-undang Hukum Perdata dan Undangundang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen serta untuk mengetahui perlindungan hukum terhadap konsumen atas klaim barang dari konsumen yang telah membeli handphone yang memiliki cacat tersembunyi. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian hukum yuridis normatif dengan pendekatan yuridis empiris yang menggunakan data primer dengan melakukan wawancara dan didukung oleh data skunder yang mengolah data dari bahan hukum primer, hukum skunder, dan bahan hukum tersier. Berdasarkan hasil penelitian dapat dipahami bahwa handphone yang dijual mengalami cacat tersembunyi yang diterima konsumen terjadi karena adanya beberapa faktor antara lain faktor produksi, pengiriman, dan ketidak telitian pelaku usaha dalam memeriksa handphone. Di dalam pengaturannya kewajiban pelaku usaha telah diatur secara jelas dalam KUHPerdata dan Undang-undang Nomor 8 tahun 1999 mengenai tentang perlindungan hukum kepada para konsumen dengan memberikan garansi atau ganti kerugian apabila terjadi handphone yang memiliki cacat tersembunyi yang diterima oleh konsumen akibat dari kelalaian pelaku usaha yang memberikan handphone yang memiliki cacat tersembunyi tersebut. en_US
dc.subject Pertanggungjawaban, en_US
dc.subject Pelaku Usaha, en_US
dc.subject Cacat Tersembunyi, en_US
dc.subject Konsumen en_US
dc.title Pertanggungjawaban Pelaku Usaha Terhadap Handphone Yang Mengalami Cacat Tersembunyi Yang Diterima Konsumen (Studi Kasus PT. Datascrip Cabang Medan) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account