Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan pembelajaran akuntansi
berbasis web blog dalam meningkatkan minat belajar siswa. Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian kualitatif dengan studi literatur. Metode pengumpulan
data yang digunakan adalah dengan melakukan pengumpulan data melalui
instrumen penelitian studi literatur melalui teknik dokumentasi yang berfungsi
sebagai pengumpul data penelitian. Peneliti kemudian melakukan perbandingan
pemanfaatan pembelajaran akuntansi berbasis web blog terhadap peningkatan
minat belajar siswa denggan metode ceramah yang konvensional. Hasil penelitian
menyatakan bahwa berdasarkan kajian studi literatur yang dilakukan, peneliti
menemukan bahwa dalam proses pembelajaran akuntansi khususnya di masa
darurat pandemi COVID-19 diperlukan suatu model pembelajaran yang tepat yaitu
dengan pemanfaatan media pembelajaran akuntansi berbasis web blog agar siswa
memiliki kemampuan tidak hanya pada ranah kognitif saja melainkan siswa juga
memiliki kemampuan dalam ranah afektif dan psikomotorik dalam belajar secara
daring dari rumah. Peneliti juga menemukan bahwa berdasarkan kajian studi
literatur pembelajaran yang selama ini dilakukan masih banyak yang menggunakan
metode ceramah. Metode ceramah mengakibatkan bukan hanya kebosanan pada
siswa, namun juga berakibat pada pemahaman materi yang kurang pada siswa yang
pada akhirnya dapat menurunkan minat belajar para siswa sehingga diperlukan
perubahan cara pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan
metode pembelajaran berbasis web blog yang akan membuat siswa menjadi lebih
aktif dalam pembelajaran dan tidak hanya bergantung pada guru saja yang
melakukan metode ceramah tatap muka secara konvensional