Abstract:
Pendidikan merupakan suatu hal penting yang dapat dijadikan indikator utama
kemajuan suatu bangsa dan negara. Melalui penyelenggaraan pendidikan dengan kualitas
yang baik dapat dihasilkan sumber daya manusia yang berkualitas pula. Penyelenggaraan
pendidikan yang berkualitas dapat dilakukan oleh tenaga pendidik yaitu Guru. Tanpa guru
sebagai pelaku kegiatan pembelajaran, mustahil kualitas pendidikan dapat ditingkatkan.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui manfaat model pembelajaran Time
Token Arends dalam meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar.
Penelitian ini dilaksanakan menggunakan Metode Library Research. Sumber data
yang diperoleh dalam skripsi ini yaitu dengan menganalisis 10 jurnal yang relevan atau
artikel ilmiah yang berhubungan dengan manfaat model pembelajaran Time Token Arends.
Instrumen penelitian yang digunakan pada peneltian ini adalah dengan human instrument
yang dikembangkan berupa observasi dan dokumentasi. Observasi dan dokumentasi pada
penelitian ini diperoleh dengan mengumpulkan data-data tentang model pembelajaran Time
Token Arends dalam meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar.
Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari hasil penelitian sebelumnya
menyatakan bahwa model pembelajaran Time Token Arends adalah salah satu model
pembelajaran yang berpengaruh positif dan lebih baik dalam meningkatkan aktivitas belajar
dan hasil belajar siswa daripada menggunakan model pembelajaran konvensional . Hal ini
juga telah terbukti dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti sebelumnya yang
menggunakan model pembelajaran Time Token Arends.
Dengan demikian maka dapat disimpulkan dari analisis yang telah dilakukan bahwa
model pembelajaran Time Token Arends sangat baik digunakan dalam pembelajaran
akuntansi