Abstract:
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada
Pengaruh layanan Penguasaan Konten Terhadap Kreativitas Belajar siswa kelas
XI SMA Muhammadiyah 18 Sunggal Tahun Pembelajaran 2018/2019. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan layanan Penguasaan
Konten Terhadap Kreativitas Belajar siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 18
Sunggal Tahun Pembelajaran 2018/2019.Pendekatan penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yaitu mengetahui hubungan
variabel bebas (layanan Penguasaan Konten) dan variabel terikat ( kreativitas
belajar). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
penyebaran angket tertutup. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa
angket yang berisi 30 pernyataan yang terdiri 15 item angket layanan penguasaan
konten dan 15 item angket kreativitas belajar. Sebagai populasi dalam penelitian
ini adalah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 18 Sunggal yang berjumlah 30
siswa.Hasil penelitian korelasi termasuk dalam kategori interpretasi cukup
mengemukakan ada hubungan positif antara layanan penguasaan konten dengan
kreativitas belajar. 0,6147 0,3610 dan hal ini dapat dipahami bahwa
> atau 0,6147> 0,3610, berarti ada hubungan antara variabel X dan
variabel Y. Sedangkan nilai uji sebesar 4,127 dan 2,048 hal ini
menunjukkan adanya hubungan signifikan antara layanan penguasaan konten
dengan kreativitas belajar karena > atau 4,127> 2,048.Ternyata
( > maka diterima dan ditolak sehingga ada pengaruh layanan
penguasaan konten terhadap kreativitas belajar siswa kelas XI SMA
Muhammadiyah 18 Sunggal Tahun Pembelajaran 2018/2019.