Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui opini publik terhadap CSR (Corporate
Social Responsibility) PT. Telkom Divisi Regional I Sumatera Utara dalam
bidang sosial. Kerelaan menyisihkan sebagian keuntungan perusahaan untuk
melakukan aktivitas kedermawanan sosial dipastikan tidak akan berhasil
mengubah kehidupan masyarakat sekitar ke arah yang lebih baik atau lebih
sejahtera tanpa implementasi (tindakan nyata). Program CSR PT. Telkom Divisi
Regional I telah di rasakan manfaatnya bagi masyarakat kelurahan Denai
diantaranya pembangunan masjid, memberikan zakat, bantuan untuk kaum
duafa,pendidikan beasiswa dan sunatan massal.
Metode pengumpulan data merupakan salah satu aspek yang berperan dalam
kelancaran dan keberhasilan dalam suatu penelitian. Pengolahan data yang sudah
diperoleh dan diorganisasikan menggunakan tabulasi. Setelah data yang
diperlukan dalam penelitian diperoleh, maka langkah selanjutnya adalah
menganalisis data dan menganalisis data mengunakan teknik analisis data tabel
tunggal, yaitu dengan penyebaran angket atau kuesioner kepada masyarakat.
Landasan teori yang digunakan teori stakeholder, teori legitimasi, dan tanggung
jawab sosial.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terhadap para responden dilapangan
diperoleh bahwa Kelurahan Denai Kecamatan Medan Denai sebagian besar
merasakan adanya CSR PT. Telkom di lingkungan mereka dan merasakan
manfaat yang telah diberikan.