Research Repository

Pencegahan Praktik Oligopoli Dalam Perdagangan Pada Pasar Tradisional (Studi di Pasar Tradisional Pajak Batu)

Show simple item record

dc.contributor.author Pasaribu, Nur Azijah
dc.date.accessioned 2020-11-17T03:05:28Z
dc.date.available 2020-11-17T03:05:28Z
dc.date.issued 2017-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12385
dc.description.abstract Oligopoli adalah pasar yang terdiri dari hanya beberapa saja. Ada kalanya pasar oligopoli terdiri dari hanya beberapa produsen saja. Pasar seperti ini dinamakan duapoli. Untuk mengetahui pasar oligopoli dapat dilihat dari beberapa indikasi, yakni menghasilkan barang standar atau barang berbeda corak. Kekuasaan menentukan harga adakalanya sangat tangguh. Perusahaan oligopoli umumnya perlu melakukan promosi berupa iklan. Pasar oligolipoli adalah bentuk struktur yang terdiri dari hanya sedikit perusahaan yang menjual suatu barang yang homogen terdiferensial. Dalam pasar oligopoli,setiap perusahaan memosisikan dirinya sebagai bagian yang terikat dengan permainan pasar, di mana keuntungan yang mereka dapatkan tergantung dari tindak-tanduk pesaing mereka. Penelitian ini dilakukan adalah hukum normatif dengan pendekatan yuridis sosiologis yang diambil dari data primer dengan menggunakan wawancara dan data sekunder dengan mengolah data dari bahan hukum primer, dan hukum sekunder dan bahan hukum sekunder. Berdasarkan hasil penelitian dipahami bahwa Oligopoli ini seorang ini menguasa pasar adalah keinginan semua pelaku usaha, karena penguasaan pasar akan memiliki korelasi positif dengan tingkat keuntungan yang mungkin bisa diperoleh oleh pelaku usaha. oligopoli dikelompokkan ke dalam kategori perjanjian yang dilarang, padahal umumnya oligopoli terjadi melalui keterkaitan reaksi, khususnya pada barang-barang yang bersifat homogen atau identik dengan kartel, sehingga ketentuan yang mengatur mengenai oligopoli ini sebaiknya digabung dengan ketentuan yang mengatur mengenai kartel. Upaya mencegah praktik oligopoli ini dengan bantuan campurtangan pemerintah supaya tidak terjadi lagi persaingan oligopoli itu sendiri di setiap pasar, terutama di pasar tradisional. kendala untuk mencegah praktik oligopoli skala ekonomi dari masyarakat tersebut, kecenderungan harga dari produksi. Perusahaan lama dapat menurunkan biaya produksi. perusahaan yang sering memprodusikan barang dalam bentuk dan sifat, serta mutu yang sangat berbeda. Dengan cara ini pasarannya meliputi golongan masyarakat yang lebih luas dan sebagai akibatnya sukarlah untuk perusahaan baru memasuki pasar oligopoli. Perusahaan lama merupakan sumber lain yang dapat menghambat kemasukan perusahaan baru. Tanpa dapat menawarkan barang lain yang jauh lebih baik dari barang yang dikenal masyarakat. en_US
dc.subject Pencegahan en_US
dc.subject Perdagangan atau perniagaan en_US
dc.title Pencegahan Praktik Oligopoli Dalam Perdagangan Pada Pasar Tradisional (Studi di Pasar Tradisional Pajak Batu) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account