Research Repository

Tanggung Jawab Pelanggan Terhadap Pemeliharaan Instalasi Pipa Perusahaan Daerah Air Minum (Studi Di Pdam Cabang Medan Amplas)

Show simple item record

dc.contributor.author Lubis, Sari Rahmadani
dc.date.accessioned 2020-11-17T02:50:18Z
dc.date.available 2020-11-17T02:50:18Z
dc.date.issued 2017-04
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12360
dc.description.abstract Pemasangan pipa air minum bagi bisnis properti perumahan sangat diperlukan mengingat air merupakan kebutuhan pokok bagi semua makhluk hidup terutama manusia. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dan di Sumatera Utara disebut PDAM Tirtanadi, selaku pelaksana pendistribusian pipa air minum di Indonesia khususnya Kota Medan dan sekitarnya tentunya mempunyai tanggung jawab dalam mendistribusikan pipa air minum ke perumahan yang memerlukan pipa distribusi air minum. Kewajiban dan tanggung jawab pelanggan terhadap pemeliharaan instalasi pipa air minum merupakan suatu keharusan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk pemeliharaan instalasi pipa air minum Perusahaan Daerah Air Minum Cabang Medan Amplas, untuk mengetahui pertanggungjawaban dalam pemeliharaan instalasi pipa air minum PDAM Cabang Medan Amplas dan untuk mengetahui akibat hukum bagi pelanggan yang lalai dalam pemeliharaan instalasi pipa air minum PDAM Cabang Medan Amplas. Metode penellitian bersifat deskriptif analitis dengan menggunakan pendekatan yuridis empiris secara kualitatif yang mengkaji tentang tanggung jawab pelanggan terhadap pemeliharaan instalasi pipa perusahaan daerah air minum. Berdasarkan hasil penelitian dipahami bahwa Bentuk pemeliharaan instalasi pipa air minum sebagaimana yang dijelaskan dalam ketentuan PDAM bahwa pelangganlah yang bertanggungjawab penuh terhadap pemeliharaan instalasi pipa yang berkaitan dengan pipa aliran ke rumah dan meteran air rumah. Adapun bentuk pemeliharaan yang harus dilakukan oleh pelanggan adalah pemeliharaan terhadap meteran air rumah dan emeliharaan terhadap instalasi pipa yang mengalir kerumah. Tanggungjawab pelanggan dalam pemeliharaan secara keseluruhan setiap pelanggan bertanggungjawab sepenuhnya terhadap pemeliharaan instalasi pipa air. Akibat hukum bagi pelanggan yang lalai dalam pemeliharaan instalasi pipa air minum PDAM Cabang Medan Amplas berdasarkan perjanjian antara pelanggan dan PDAM adalah pelanggan tersebut akan dilaporkan/dikerahkan kepada pihak berwajib dan permasalahan tersebut dapat dibawa ke jalur hukum baik pidana maupun perdata. Akibat hukum yang lalai bagi pelanggan atas pemeliharaan instalasi air PDAM ditentukan sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang telah ditetapkan atas perjanjian antara PDAM dan pelanggan en_US
dc.subject Tanggungjawab en_US
dc.subject Pelanggan en_US
dc.subject Instalasi en_US
dc.subject PDAM, air minum en_US
dc.title Tanggung Jawab Pelanggan Terhadap Pemeliharaan Instalasi Pipa Perusahaan Daerah Air Minum (Studi Di Pdam Cabang Medan Amplas) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account