Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan layanan
bimbingan kelompok dalam mengembangkan konsep diri positif siswa kelas VII
di SMP An Nadwa Islamic Center Binjai Tahun Pelajaran 2019/2020. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui bimbingan kelompok dalam
mengembangkan konsep diri positif siswa kelas VII di SMP An nadwa Islamic
Center Binjai Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode kualitatif. Objek penelitian adalah 6 orang siswa
kelas VII yang memiliki konsep diri positif. Sampel yang digunakan adalah
teknikprurposive sampling. Instrumentasi pengumpulan data dalam penelitian ini
mengunakan observasi, wawancara,dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam
penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data,dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat digambarkan bawah konsep diri positif siswa
telah meningkat . Dan dengan dilakukannya layanan bimbingan kelompok ini
dapat memberikan pemahamamn kepada siswa mengenai bimbingan dan
konseling sehingga siswa dapat mengetahui fungsi dan kegunaan bimbingan dan
konseling disekolah