DSpace Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Trans Sector (Pengamatan Lokasi) terhadap Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi oleh Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Balai Tahun Pembelajaran 2019-2020

Show simple item record

dc.contributor.author Agustina, Desi
dc.date.accessioned 2020-10-23T08:04:20Z
dc.date.available 2020-10-23T08:04:20Z
dc.date.issued 2019-09-14
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5895
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran trans sector (pengamatan lokasi) terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Balai tahun pembelajaran 2019-2020. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Balai berjumlah 285 siswa yang terdiri dari 8 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS-1 yang berjumlah 36 siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Instrumen yang digunakan peneliti adalah tes esai tertulis. Berdasarkan hasil penelitian dan data anilisis diketahui bahwa kemampuan menulis teks laporan hasil observasi sebelum menggunakan model pembelajaran trans sector (pengamatan lokasi) memperoleh nilai rata-rata 58,52 termasuk dalam kategori cukup. Sedangkan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi sesudah menggunakan model pembelajaran trans sector (pengamatan lokasi) memperoleh nilai rata-rata 81,75 termasuk dalam kategori baik sekali. Berdasarkan perhitungan dari nilai thitung> ttabel yaitu 16,92 > 1,68 maka hipotesis penelitian diterima dan terbukti kebenarannya. Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan model pembelajaran trans sector (pengamatan lokasi) terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Balai Tahun Pembelajaran 2019-2020. en_US
dc.subject Model Pembelajaran en_US
dc.subject Trans Sector en_US
dc.subject Pengamatan lokasi en_US
dc.subject Kemampuan Menulis Teks en_US
dc.subject Menulis Teks Laporan en_US
dc.subject Hasil Observasi en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Trans Sector (Pengamatan Lokasi) terhadap Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi oleh Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Balai Tahun Pembelajaran 2019-2020 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account