Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Pembelajaran
Two Stay Two Stray terhadap Kemampuan Menentukan Unsur Intrinsik Teks
Drama oleh Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 02 Medan Tahun
Pembelajaran 2016-2017.
Populasi adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 02 Medan
yang berjumlah 50 siswa. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas VIII Plus
sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII Reguler sebagai kelompok kontrol,
masing-masing berjumlah 22 dan 28 siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Tes untuk
memperoleh data kemampuan menemukan unsur intrinsik teks drama. Dalam hal
ini siswa menjawab pertanyaan dengan cermat dan secara individu. Setelah data
dianalisis diketahui kemampuan menenmukan unsur intrinsik teks drama siswa
kelas VIII SMP Muhammadiyah 02 Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017
berada pada tingkat “baik” dengan nilai rata-rata 81,51 dalam kelas eksperimen.
Sedangkan kemampuan menemukan unsur intrinsik teks drama siswa kelas VIII
SMP Muhammadiyah 02 Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017 berada pada
tingkat “sedang” dalam kelas kontrol. Setelah dicari kemampuan menemukan
unsur intrinsik teks drama menggunakan rumus uji t diketahui thitung= 1,85.
Berdasarkan uji-t, hipotesis diterima bahwa thitung> ttabel yaitu 1,85> 1,67.
Ada Pengaruh Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap Kemampuan
Menentukan Unsur Intrinsik Teks Drama oleh Siswa Kelas VIII SMP
Muhammadiyah 02 Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017.