DSpace Repository

Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Minat Belajar Dan Pola Interaksi Sosial Siswa SMK Muhammmadiyah 14 Siabu Kabupaten Mandailing Natal

Show simple item record

dc.contributor.author Nasution, Deddy Parwis Jailani
dc.date.accessioned 2020-10-03T03:12:10Z
dc.date.available 2020-10-03T03:12:10Z
dc.date.issued 2020-03-07
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5362
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh media sosial yang dapat mempengaruhi minat belajar dan pola interaksi sosial siswa SMK Muhammadiyah 14 Siabu Kabupaten Mandailing Natal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial (facebook) terhadap minat belajar siswa SMK Muhammadiyah 14 Siabu Kabupaten Mandailing Natal, untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial (facebook) terhadap pola interaksi sosial siswa SMK Muhammadiyah 14 Siabu Kabupaten Mandailing Natal, untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial (facebook) secara bersamaan terhadap minat belajar dan pola interaksi sosial siswa SMK Muhammadiyah 14 Siabu Kabupaten Mandailing Natal. Teori yang digunakan dalam penelitian ini mencakup teori tentang komunikasi, media sosial, minat belajar, pola interaksi sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Muhammadiyah 14 Siabu Kabupaten Mandailing Natal yang duduk di kelas X dan kelas XI yang aktif menggunakan media sosial. Dari keseluruhan siswa kelas X dan kelas XI SMK Muhammadiyah 14 Siabu Kabupaten Mandailing Natal tersebut yang berjumlah 108 orang dan kelas XI berjumlah 78 orang jadi total populasi keseluruhannya 186 orang dengan sampel 65 orang. Tekhnik pengumpulan data dengan cara melakukan angket, observasi dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan rumus regresi sedangkan uji hipotesis dilakukan melalui uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan media sosial (facebook) atau variabel X berpengaruh secara parsial terhadap minat belajar atau variabel Y1, hal tersebut dapat dibuktikan dengan melihat dengan nilai thitung > ttabel (16,731 > 1,669), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Media sosial (facebook) atau variabel X berpengaruh secara parsial terhadap pola interaksi sosial atau variabel Y2, hal tersebut dapat dibuktikan dengan melihat atau thitung > ttabel (28,820 > 1,669), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Media sosial (facebook) berpengaruh secara simultan terhadap minat belajar (variabel Y1) dan pola interaksi sosial (variabel Y2), hal tersebut dibuktikan dari Fhitung > Ftabel (421,497 > 3,145), H0 ditolak dan Ha diterima. en_US
dc.subject Media Sosial en_US
dc.subject Minat Belajar en_US
dc.subject Pola Interaksi Sosial en_US
dc.subject Siswa SMK Muhammadiyah 14 Siabu en_US
dc.title Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Minat Belajar Dan Pola Interaksi Sosial Siswa SMK Muhammmadiyah 14 Siabu Kabupaten Mandailing Natal en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account