Abstract:
penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh penggunaan strategi pembelajaran
peer lesson terhadapn hasil belajar siswa di MTs Pab Helvetia,Medan. Jenis
penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan menggunakan desain quasi
eksperimen. Populasi penelitian ini diambil dari siswa kelas VIII – As Siddiq yang
berjumlah 30 orang, semua siswa yang diambil sebagai populasi dan sampel.
Penelitian ini dilakukan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu;
angket, tes, dan observasi. Sedangkan teknik analisis datanya adalah analisis
kuantitatif dengan uji hipotesis. Setelah data terkumpul lalu dihitung dengan
menggunakan teknik korelasi product moment dengan memperoleh hasil sebagai
berikut: dari hasil koefisien product moment dengan tabel nilai “r” product
moment pada taraf 5% dan 1% diperoleh bahwa = 0,519 lebih besar dari
pada baik itu dari taraf signifikan 5% (0,361) dan 1% (0,463) dengan
formulasi bandingan yaitu 0,519 ≥ 0,361 dan 0,463, Maka ( ) diterima. dapat
disimpulkan bahwa adanya pengaruh positif antara penggunaan strategi
pembelajaran Peer Lesson terhadap hasil belajar siswa di MTs PAB Helvetia,
Medan.